Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Publik (LP3) Talenta

Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Publik (LP3) Talenta
Akta Notaris Setya Budhi, SH Nomor 45 Tanggal 17 April 2008 Head Office: Jl. Raya Tanjungtani 69 Prambon Nganjuk Phone. (0358) 791420 Mobile : 081259347185 - 085645724031 e-mail: idamm@yahoo.com website: www.lp3talenta.blogspot.com

05 Juni 2009

Kreativitas Kaum Muda Semakin Kentara


Dikutip dari Jawa Pos [ Minggu, 17 Mei 2009 ]
Bisnis Kreatif ala Young Entrepreneur
SURABAYA - Sukses menjalani bisnis kreatif mulai banyak ditunjukkan kalangan muda. Itu pula yang kemarin ditunjukkan Radio Prambors Surabaya melalui seminar bisnis kreatif "Ini Bisnis Gue" di Balai Pemuda. Seminar itu menghadirkan tiga pembicara, yakni Azrul Ananda (CEO PT DBL Indonesia), Hendy Setiono (owner Kebab Ravi), dan Bagus Setiawan (pemilik CV Aneka Surya, penyedia solar cell).

Di hadapan peserta seminar yang rata-rata pelajar SMA dan mahasiswa, Azrul menekankan pentingnya memulai bisnis dengan modal kreativitas baru. "Jalani bisnis dari ide apa saja. Yang penting baru," katanya. "Jangan banyak itungan. Semakin banyak berhitung, apa yang akan kita lakukan tidak segera jalan," ungkap penggemar balap mobil F1 itu.

Pada kesempatan itu, Azrul juga memotivasi peserta seminar dengan menceritakan pengalamannya mengembangkan Deteksi Basketball League (DBL). Menurut dia, DBL kini tidak hanya kompetisi basket, tapi sudah menjadi satu-satunya industri basket di tanah air. Apa yang telah dia kerjakan juga menjadi stimulus bagi industri lain, seperti sepatu olahraga dan bola basket. "Jangan pernah ragu memulai bisnis dari Surabaya. Sesuatu yang besar tidak harus berangkat dan dilakukan dari Jakarta. DBL contohnya," ujarnya.

Apa yang dikatakan Azrul dibenarkan Hendy Setiono. Pria yang beberapa kali mendapat penghargaan entrepreneur muda itu setuju bahwa memulai bisnis lebih baik berangkat dari hobi. Dia berhasil mengembangkan usaha franchise makanan itu juga tak lepas dari hobi. "Jangan takut risiko. Jangankan bisnis, apa pun dalam kehidupan ini ada risikonya," ungkap Hendy.

Dia menambahkan, meraih sukses dalam bisnis kreatif tidak bisa lepas dari proses belajar terus-menerus. Belajar bisa dilakukan kapan saja dan dari siapa saja. "Menurut saya, yang terbaik adalah belajar dari mentor kita," tambahnya.

Azrul menimpali, belajar dari mentor bisa dilakukan kapan saja tanpa harus ada pertemuan. "Saya belajar banyak hal dari Steve Jobs (pendiri perusahaan komputer Apple, Red). Padahal, saya tidak pernah belajar langsung dari dia," ujarnya.

Terakhir, Bagus Setiawan berbagi tip bahwa merengkuh sukses dalam bisnis kreatif memerlukan ketekunan dan fokus. "Jangan terlalu cepat putus asa dan puas. Apalagi, berkeinginan mengembangkan bisnis lain ketika bisnis satunya belum jalan," ujarnya.

Acara yang digagas Radio Prambors Surabaya tersebut dimaksudkan untuk mengajak kawula muda membangun bisnis lokal berbasis kreativitas dan strategi yang tepat. "Kegiatan ini mendorong kawula muda untuk mengasah jiwa entrepreneur mereka agar selalu kreatif. Kita juga ingin mengajak mereka secara positif berani menciptakan peluang dari bakat dan ide masing-masing," kata Fifi Sumarno, national promotion manager Prambors. (gun/fat)

Tidak ada komentar: